News
Loading...

ZOO: Tetenger (Dokumenter Tur Prasasti 2013)

 
Jika saja Kebun Binatang Film tidak merilis Dokumenter Tur Prasasti 2013 kelompok musik ZOO ini. Maka ternistakanlah saya yang lemah ini, karena tidak akan pernah tau kalo "Joss!" dalam bahasa inggris adalah "Great!".
Film dokumenter ini terdiri dari 2 keping DVD; Sajian Utama dan Suplemen. Sajian Utama tentunya tentang perjalanan tur Zoo dalam rentan waktu tahun 2013, sementara Suplemen berisikan footage rare dan lebih realistis daripada Sajian Utama. Lebih tak dramatis.

Menyaksikan DVD ini, kita akan dibawa ke lingkungannya terdekat ZOO. Jika ZOO adalah kebun binatang, maka kita bukan hanya berada di trotoar perantara kandang disana, tapi kita diajak masuk ke dalam kandang binatang. Berinteraksi lebih dekat, dengan ragam binatang. Polah tingkah mereka.

Dan iya, saya suka saat mereka begitu antusias menyimak wanita-wanita Singapur, salah satu negara yang mereka singgahi. Bagaimana ke kikukan mereka sesaat sebelum tampil. Bagaimana "absurd"nya Bhakti. Bagaimana "simple"nya Obet. Bagaimana "brengsek"nya Dimex. Bagaimana Rully dan bagaimana suasana pentas mereka.

Sayang sekali, mungkin lupa atau di sengaja, mereka seolah tidak peduli tentang keterangan gambar. Saya akan terpuaskan, jika mereka menorehkan keterangan di setiap footage.

DVD ini bagi saya hanya video dokumentasi saja. Tidak lebih. Namun menarik, setidaknya mengobati rindu terhadap mereka. Yang saya yakin, mereka tidak "sebaik" itu dibanding aslinya. Saya suka, cara Panca yang dengan setia mengabadikan setiap momen. Mungkin, hal inilah yang membuat mereka bingung memilih gambar yang tepat untuk ditampilkan. Saya hanya menerka.

Setidaknya ZOO yang dulu, bukan lagi ZOO yang sekarang. Kebun binatang itu sekarang telah di isi oleh binatang-binatang aneh. Yang membuat para manusia berduyun penasaran ingin menyaksikan mereka.


Share on Google Plus

About Richie Petroza

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.