News
Loading...

SUMFEST: Sumatera Festival

 
Jika Jakarta punya Arena PRJ, Stadion GBK dan area Pantai Ancol yang menjadi salah satu tempat konser. Jogja punya JEC, Stadion Kridosono. Maka Pekan Baru punya apron! iya..apron landasan Lapangan Udara Roesmin Nurjadin. Jangan ditanya kenapa apron pesawat tempur itu akan menjadi tempat paling bergema di bulan Maret 2014 nanti. Dengan melihat list penampilnya, menjadikan jawaban hanya teori. Tak percaya? buktikan saja sendiri. Bahkan kami sedikit menduga, SUMFEST: Sumatera Festival akan menjadi agenda paling berbahaya tiap tahunnya pulau Sumatera. Semoga.

Kami lebih tertarik membahas tentang venue yang dipilih  oleh SUMFEST, mengingat penampilnya you-know-who-lah-yaaa.. Tentang mereka bertebaran dimana-mana, fans, die-hard fans atau apa sajalah itu, tak perlu diragukan lagi. Tentang Lanud Roesmin Nurjadin? hmm..Maka ini sedikit keterangan tentangnya;

Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin yang bermarkas di Kota Bertuah bumi lancang kuning, Pekanbaru, Riau, adalah Pangkalan Operasi TNI AU di bawah jajaran Komando Operasi Angkatan Udara I. Lanud Roesmin Nurjadin, biasa disebut dengan Lanud RSN tersebut adalah Pangkalan TNI AU yang menyandang predikat tipe “B” dengan dipimpin oleh seorang perwira menengah berpangkat Kolonel dan meng-operasikan satu buah Skadron Udara tempur; Skadron Teknik; Satuan Polisi Militer AU; Rumah Sakit;serta didukung oleh dua insub yakni Batalion 462 Paskhas dan Pabrik Zat Asam.

Sesuai dengan rencana strategis pertahanan Negara dalam rangka mencapai Minimum Essential Forces TNI, Lanud RSN akan segera ditingkatkan predikatnya menjadi Lanud tipe “A” pada kurun waktu akhir 2013 sampai dengan tahun 2014. Satu rangkaian dengan naik tingkat tipe Lanud maka Lanud RSN pun akan dipimpin oleh seorang perwira tinggi TNI AU berpangkat Marsekal Pertama. Kemudian, Lanud RSN pun akan mendapatkan tambahan alat utama sistem persenjataan dengan datangnya 24 pesawat tempur F-16 C/D upgrade dari Amerika Serikat dan akan ditempatkan di Skadron Udara 16 sehingga segera Lanud RSN akan memiliki dua buah Skadron Udara tempur dengan Skadron Udara 12 yang telah eksis sebelumnya.

Oya, mengenai penggagas acara ini, siapapun itu. Kami angkat topi. Salut!
 

Share on Google Plus

About Richie Petroza

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.