Ford Foundation bersama tiga organisasi
pendukungnya; Wikimedia Indonesia, ICT Watch dan Aliansi Jurnalis
Independen (AJI) Indonesia pada hari Senin, 20 Januari 2014 pukul 13:00
meluncurkan "Cipta Media Seluler" secara daring (online) via situs www.ciptamedia.org
Hibah terbuka untuk publik ini
diharapkan mampu merangsang upaya-upaya perubahan sosial yang lebih adil
menggunakan teknologi seluler. Tiga kategori permintaan hibah yang bisa
diminta adalah (1) Produksi dan penyampaian konten; (2) Rekayasa piranti lunak; (3) Rekayasa perangkat keras.
Upaya seluler menjadi fokus untuk
pemberian hibah ditahun 2014 karena akses masyarakat dalam penggunaan
seluler tinggi dan medium ini digunakan lintas kelompok pendapatan
masyarakat, baik di desa maupun di kota. Pemanfaatan teknologi seluler
untuk upaya sosial dirasa belum dieksplorasi dengan maksimum di
Indonesia dimana pelaku industri tetap memperlakukan pengguna ponsel
berpenghasilan rendah sebagai konsumen, dan bukan produsen konten yang
dapat diaktifkan untuk menghasilkan pengetahuan dalam ekonomi informasi.
Sementara peneliti dan wartawan yang mengikuti industri seluler
cenderung lebih fokus pada pertumbuhan penggunaannya oleh masyarakat
Indonesia dan bukan menggali kemungkinan ponsel dalam menyelesaikan
masalah kepentingan publik.
Dibandingkan medium lain seperti video,
radio, dan web, penggunaan seluler untuk perubahan sosial dirasa lambat
dikembangkan karena membutuhkan upaya ekstra dari pelaku perubahan
sosial dalam mengorganisir penerima manfaatnya.
Heidi Arbuckle
sebagai kepala bidang media dari Ford Foundation Indonesia berharap
bahwa hibah ini dapat merangsang dan mengajak masyarakat untuk ikut
peduli tentang hak dan tanggung jawab mereka sebagai pengguna teknologi
seluler dan pelaku media. Karena benang merah yang sama dari
persoalan-persoalan mendasar di dunia adalah pergulatan dalam
menciptakan kehidupan sosial yang lebih adil untuk semua.
Hibah senilai USD 750.000 (senilai 9
milyar rupiah dengan nilai tukar sekarang) akan mulai diturunkan untuk
penerima hibah terpilih pada bulan Agustus 2014 secara bertahap.
Seleksi akan dilakukan oleh Tim Seleksi Awal dan publik untuk memilih kandidat
penerima hibah terbaik yang kemudian akan diteruskan pada Tim Seleksi
Akhir untuk dikaji ulang. Publik sebagai penerima manfaat dapat ikut
mendukung mengisi jajak pendapat kebutuhan secara daring (online),
memberikan dukungan via SMS dan penyebaran via media sosial.
Penentuan penerima hibah akan dilakukan oleh Tim Seleksi Akhir yang
terdiri dari tim independen dengan berbagai latar belakang keahlian yang
akan melakukan wawancara dengan calon penerima hibah.Publik yang memiliki pertanyaan mengenai hibah dapat bertanya via SMS 0877-8880-2262, sementara formulir permintaan hibah Cipta Media Seluler dapat diisi daring (online) di www.ciptamedia.org. Penerimaan permintaan hibah ditutup pada 20 April 2014, sementara pengumuman penerima hibah akan dilakukan pada 20 Juni 2014.
Sumber: Click Here